Senin, 29 November 2010

Tanda Kiamat Kecil: Pertempuran 2 Kelompok Muslimin

Pertempuran Dua Kelompok Besar Dari Kaum Muslimin

Rasulullah bersabda: “Tidak akan berdiri hari kiamat sehingga dua kelompok yang besar dari kaum Muslimin saling berperang dengan satu seruan yang sama.”
(Hadis Shahih diriwayatkan oleh Ahmad, Bukhari, Muslim dan lain sebagainya dari Abi Hurairah)

Ia adalah peperangan antara kelompok Ali bin Abu Thalib dan Mu’awiyah bin Abu Sufyan yang terjadi pada awal masa pemerintahan Khalifah Ali bin Abu Thalib. Penyebab dari peperangan ini adalah bahwa Mu’awiyah sebelum membaiat kekhalifahan Ali, dia menuntut agar Ali mengqishas (hukum membunuh dibalas dengan bunuh) para pembunuh Khalifah Utsman bin Affan, karena Mu’awiyah merupakan wali penuntut hukum dari keluarga Utsman bin Affan terhadap para pembunuh. Tetapi Ali tidak mengabaikan tuntutan Mu’awiyah tersebut dan ia menuntut agar Mu’awiyah membaia’tnya terlebih dahulu baru kemudian ia akan mengqishas para pembunuh Utsman sehingga dengan demikian kaum Muslimin akan bersatu.

Maka keduanya saling berselisih dan membawa pasukan mereka untuk berperang sedangkan pada waktu itu Mu’awiyah adalah Gubernur negeri Syam. Kemudian pasukan mereka bertemu di suatu tempat yang bernama ‘Shiffin’ yang terletak antara Syam dan Irak, maka terjadilah pertempuran 2 kelompok besar dari kaum Muslimin.

Dengan demikian maka Mu’awiyah berdiri sendiri di Syam dan Ali di Irak. Kemudian setelah Ali bin Abu Thalib meninggal dunia, maka ia digantikan oleh anaknya Hasan bin Ali, lalu ia berdamai degan Mu’awiyah dan ia (Hasan) mengundurkan diri dari kekhalifahan. Dengan demikian Allah telah mendamaikan dua kelompok yang besar dari kaum Muslimin tersebut.

Telah bersabda Rasulullah: “Sesungguhnya anak saya ini adalah seorang pemimpin dan semoga Allah akan mendamaikan dengannya dua kelompok dari kaum Muslimin.”
(Hadis Riwayat Bukhari, Abu Dawud dengan nomor 4662, dan Tirmidzi dimana ia berkata: “ini adalah hadis hasan shahih”)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik di Blog tanda kiamat ini